Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tidak dapat boot ke WindowOS setelah menginstal Ubuntu, Menu GRUB tidak muncul?

* Menu GRUB tidak muncul

Jika komputer boot ke Ubuntu secara otomatis tanpa menampilkan menu GRUB sama sekali, kadang-kadang kita dapat menekan tombol BIOS/UEFI pabrikan pada saat boot dan saat dalam mode UEFI atau BIOS dari menu firmware pilih sistem operasi yang Anda butuhkan.

Tombol umum yang digunakan adalah Esc, Delete, F1, F2, F10, F11, atau F12. Pada tablet, tombol umum adalah Volume naik atau Volume turun. Selama startup, sering ada layar yang menyebutkan kunci. Jika tidak ada, atau jika layar berlalu terlalu cepat, periksa situs web produsen.

Jika masih tidak berfungsi juga ketika menu GRUB tidak muncul pada saat boot, segera setelah layar splash logo motherboard / produsen komputer muncul ketika komputer sedang boot, dengan BIOS, tekan dan tahan tombol Shift dengan cepat, yang akan memunculkan layar menu GNU GRUB.

Dengan UEFI tekan (mungkin beberapa kali) tombol Esc untuk sampai ke layar menu GNU GRUB. Kadang-kadang layar splash pabrikan adalah bagian dari bootloader Windows, jadi ketika Anda menyalakan mesin, itu langsung menuju ke layar menu GNU GRUB, dan tidak perlu menekan Shift.

* Boot Repair

Tidak ada cara untuk mengembalikan perubahan partisi ke WindowOS. Anda harus menginstal ulang atau memulihkan WindowOS, lalu instal ulang Ubuntu.

Dari Ubuntu buka terminal dan ketik:

sudo add-apt-repository ppa:yannubuntu/boot-repair
sudo apt-get update
sudo apt-get install -y boot-repair
sudo boot-repair

Atau Cari Boot-Repair di Dash dan luncurkan.

Untuk memperbaiki komputer Anda dengan Boot-Repair, cukup klik tombol "Recommended Repair". Jika berhasil, Anda selesai.

Post a Comment for "Tidak dapat boot ke WindowOS setelah menginstal Ubuntu, Menu GRUB tidak muncul?"